Bitcoin Donation = 1PkxssLm6wJ96iXi1VPxMZSXUQZiQqCYvq
HAK MORAL
HAK MORAL
Hak moral adalah hak yang
melindungi kepentingan pribadi si pencipta konsep hak moral. Ini berasal dari
sistem hukum kontinental yaitu perancis. Menurut konsep hukum kontinental, hak
pengarang (droid d’aueteur, author right)
terbagi menjadi hak ekonomi untuk mendapatkan keuntungan yang bernilai ekonomi
seperti uang, dan hak moral yang menyangkut perlidungan atas reputasi si
pencipta.
Hak moral dan hak cipta
disebut sebagai hak yang bersifat asasi, sebagai natural right yang dimiliki manusia. Pengakuan serta perlindungan
terhadap hak moral selanjutnya menumbuhkan rasa aman bagi pencipta karena ia
tetap merupakan bagian dari hasil karya atau ciptaannya. Pada gilirannya pun
pengakuan dan perlindungan hak moral ini akan mampu menjamin stimulasi untuk
memunculkan karya-karya cipta baru.
Hak moral ini dikenal dalam
negara yang menganut sistem hukum Anglosaxon. Undang-undang di Inggris,
misalnya memiliki hukum moral: moral
right (1998), yang secara substansial menganut, yaitu:
- Paternity, yaitu hak untuk diakui sebagai pencipta atau pemegang hak cipta;
- Privacyright, yaitu hak untuk dilindungi dalam hal berhubungan dengan publikasi atau pembanyakan film atau fotografi;
- Integrity right, yaitu hak dari pencipta melekat atas ciptaannya.
Pemilik atas hak cipta dapat
dipindahkan kepada pihak lain, tetapi hak moralnya tetap tidak terpisahkan dari
penciptanya. Hak moral merupakan hak khusus, serta kekal yang dimiliki si
pencipta atas hasil ciptaannya, dan hak itu tidak dipisahkan dari penciptanya.
Hak moral ini mempunyai 3 dasar, yaitu hak untuk mengumumkan (the right of publication), hak paterniti
(the right of paternity), dan hak
integritas (the right of integrity).
Sementara itu, Komen dan Verkade menyatakan bahwa hak moral yang dimiliki seorang
pencipta itu meliputi:
- Larangan mengadakan perubahan dalam ciptaan;
- Larangan mengubah judul;
- Larangan mengubah penentuan pencipta; dan
- Hak untuk mengadakan perubahan.
Mengenai konsep hak moral,
pengaturannya dalam pasal 24 Undang-Undang Hak Cipta menyebutkan bahwa:
Pencipta atau ahli warisnya
berhak untuk menuntut kepada pemegang hak cipta supaya nama pencipta tetap
dicantumkan dalam ciptaannya. Mencangkup:
- Tidak diperbolehkan melakukan perubahan suatu ciptaan kecuali dengan persetujuan pencipta atau ahli warisnya;
- Dalam hal pencipta telah menyerahkan hak ciptanya kepada orang lain, selama penciptanya masih hidup diperlukan persetujuannya untuk mengadakan perubahan termaksud dan apabila pencipta telah meninggal dunia, izin harus diperoleh dari ahli waris.
Pencipta tetap berhak mengadakan perubahan pada ciptaannya sesuai dengan kepatutan dalam masyarakat.
Berdasarkan hal yang telah disebutkan di atas, dapat dinyatakan bahwa
diberikan perlindungan hukum yang demikian pasti kepada seorang pencipta
sehingga terhadap segala bentuk pengembangan hasil karyanya. Pencipta
eksistensinya harus selalu diakomodir dengan tetap mencantumkan namanya selaku
pencipta itu sendiri. Namun, hal ini terhadap pengecualian, yaitu hak cipta
tidak lagi berada di tangan si pencipta apabila kepada pembeli (pemegang hak
cipta), diserahkan seluruh hak cipta dari pencipta itu.
HAK EKONOMI
Hak ekonomi adalah hak yang
dimiliki seorang untuk mendapatkan keuntungan atas ciptaannya. Hak ekonomi pada
setiap undang-undang hak cipta selalu berbeda, baik teknologinya, jenis hak
yang diliputinya dan ruang lingkup dari setiap jenis hak ekonomi tersebut.
Secara umum setiap negara, minimal mengenal dan mengatur hak ekonomi yang
meliputi jenis hak sebagai berikut.
- Hak reproduksi atau pengadaan (reproduction right).
- Hak adaptasi (adaptation right).
- Hak distribusi (distribution right).
- Hak pertunjukan (public performance right).
- Hak penyiaran (broadcasting right).
- Hak program kabel (cablecasting right).
- Droid de suite.
- Hak pinjam masyarakat.
Keterangan:
- Hak reproduksi atau pengadaan (reproduction right)
Hak
pencipta untuk penggandakan ciptaannya ini merupakan penjabaran dari hak
ekonomi si pencipta. Dalam istilah undang-undang hak cipta, hak reproduksi sama
dengan hak perbanyakan, yaitu menambah jumlah sesuatu ciptaan dengan pembuatan
yang sama, hampir atau menyerupai ciptaan tersebut dengan mempergunakan
bahan-bahan yang sama maupun tidak sama, termasuk pengalihwujudan sesuatu
ciptaan. Bentuk penggandaan atau perbanyakan ini baik bisa dilakukan secara
tradisional maupun proses modern. Hak reproduksi ini juga mencangkup musik,
pertunjukan drama, juga pembuatan duplikat dalam rekaman suara atau film.
- Hak adaptasi (adaptation right)
Hak
untuk mengadakan adaptasi bisa berupa penerjemahan dari bahasa satu ke bahasa
lain, aransemen musik, dramatisasi dari nondramatik, mengubah menjadi cerita fiksi
dari karangan nonfiksi atau sebaliknya. Karya cetak berupa buku, misalnya novel
mempunyai hak turunan, yaitu diantara hak film (film right), hak dramatisasi (dramatization
right). Hak film dan hak dramatisasi, yaitu hak yang timbul jika isi novel
tersebut diubah menjadi isi skenario film, atau skenario drama yang bisa berupa
opera, balet, maupun drama musikal.
- Hak distribusi (distribution right)
Hak
distribusi adalah hak yang dimiliki pencipta untuk menyebarkan kepada
masyarakat setiap kali ciptaannya. Penyebaran tersebut bisa berupa bentuk
penjualan, penyewaan, dan bentuk lain yang maksudnya agar ciptaannya tersebut
dikenal oleh masyarakat. Dalam hak ini termasuk pula bentuk yang dalam
undang-undang hak cipta disebut dengan pengumuman, yaitu pembacaan, penyuaraan,
penyiaran atau penyebaran sesuatu ciptaan, dengan menggunakan alat apa pun dan
dengan cara sedemikian rupa sehingga hasil ciptaan dapat dibaca, didengar, atau
dilihat oleh orang lain. Dari hak distribusi ini dimungkinkan timbul hak baru
berupa foreign right, yaitu suatu hak
yang dilindungi di luar negaranya. Misalnya, sebuah karya cipta berupa buku karena
merupakan buku yang sangat menarik, maka akan digemari di negara lain. Dengan
demikian, buku itu distribusikan ke negara tersebut, buku itu mendapat
perlindungan sebagai foreign right.
- Hak pertunjukan (public performance right)
Hak
pertunjukan dimiliki oleh seorang pemusik, dramawan, maupun seniman lainnya
yang karyanya dapat terungkap dalam bentuk pertunjukan. Pengaturan tentang
pertunjukan ini dikenal dalam konvensi berne maupun konvensi unniversal bahkan
diatur tersendiri dalam sebuah konvensi, yaitu konvensi Roma.
Yang
dengan dimaksud pertunjukan adalah termasuk untuk penyajian kuliah, pidato,
khotbah, baik melalui visual maupun melalui presentasi suara, juga menyangkut
penyiaran film, dan rekaman suara pada media televisi, radio dan tempat lain
yang menyajikan tampilan tersebut. Menurut Undang-undang hak cipta, dinyatakan
bahwa pengumuman adalah pembacaan, penyuaraan, penyiaran, atau penyebaran suara
ciptaan, dengan menggunakan alat apa pun, dan dengan cara sedimikian rupa
sehingga suatu ciptaan dapat dibaca, didengar, atau dilihat oleh orang lain.
Setiap
badan yang menampilkan atau mempertunjukkan suatu karya cipta, harus meminta
izin dari si pemilik hak performing
tersebut. Hal ini terlihat mempersulit bagi orang yang akan meminta izin
pertunjukan tersebut, untuk memudahkan hal tersebut, diadakan suatu lembaga
yang mengurus hak pertunjukan itu yang dikenal sebagai perfoming right society. Lembaga tersebut mengorganisir para
musikus, komposer, pencipta dari penerbit karya cipta musik lainnya. Lembaga
ini selain mempermudah mendapatkan izin untuk pertunjukan, juga berperan
mengumpulkan hasil royalti yang dibayar pihak yang mengadakan pertunjukan
tersebut.
Sebaliknya,
lembaga yang mengorganisir orang atau badan yang sering mempertunjukkan dikenal
dengan public house society. Lembaga
ini mengorganisir tempat-tempat hiburan, teater, badan-badan penyiaran, juga
tempat yang sering memberikan hiburan didalamnya, seperti kapal laut, pesawat
terbang, tempat judi, toko, hotel, maupn klub pribadi. Pertunjukan untuk
pendidikan, amal serta tidak besifat komersial maka tidak memerlukan izin dari
pemilik hak pertunjukan tersebut.
Di
indonesia lembaga yang mempunyai peran sebagai lembaga perfoming right society
adalah Yayasan Karya Cipta Indonesia (YKCI). Peran pemerintah dalam hak
pertunjukan tidak bisa diabaikan. Pemerintah perlu mengawasinya, terutama
mengenai besarnya pembayaran royalti, perjanjian itu sendiri, juga terhadap
lembaga penyelesaian perselisihannya. Peran pemerintah di Indonesia bisa
dilakukan oleh dewan hak cipta, di Inggris menurut undang-undang hak cipta 1988
pengawasan dilakukan oleh the copyright
tribunal, sedangkan di Amerika serikat menurut ketentuan pasal 118
undang-undang hak cipta 1976 pengawasan dilakukan oleh copyright royalty tribunal.
Sistem
pembayaran royalty yang dikenal selama ini, diantaranya blanket licensing system (lisensi perjanjian bersifat umum); sistem
retribusi (system levy) dan sistem campuran. Sistem blanket, yaitu 1 (satu) pembayaran bisa untuk meliputi
beberapa karya cipta jadi bersifat umum. Sistem
retribusi (levy) adalah berupa sistem yang mengenakan retribusi pada
perangkat, atau media pertunjukan tersebut. Disini produsen atau
pengecer/penjualnya harus membayar retribusi atas setiap alat tersebut. Di
Jerman sistem retribusi ini dikenal pada perangkat hiburan audio dan video
recorder.
- Hak penyiaran (broadcasting right)
Hak
untuk menyiarkan bentuknya berupa mentransmisikan satu ciptaan oleh peralatan
tanpa kabel. Hak penyiaran ini meliputi penyiaran ulang dan mentransmisikan
ulang. Ketentuan hak ini telah diatur dalam konvensi berne meupun konvensi
universal, juga konvensi tersendiri. Misalnya konvensi Roma 1961, dan konvensi
Brussel, 1974, yang dikenal dengan realiting
to the distribution of programme carring signals transmitted by sattelite.
Hanya saja di beberapa negara, hak penyiaran ini masih merupakan cakupan dari
hak pertunjukan.
- Hak program kabel (cablecasting right)
Hak
ini hampir sama dengan hak penyiaran hanya saja mentransmisikan melalui kabel.
Badan penyiaran televisi mempunyai suatu studio tertentu, dari sana disiarkan
program-program melalui kabel kepada pesawat para pelanggan. Jadi, siaran sudah
pasti bersifat komersial.
- Droid de suite
Droid de suite adalah
hak pencipta. Hak ini melalui diatur dalam pasal 14 bis konvensi berne revisi
Brussel ,1948 , yang selanjutnya ditambah lagi dengan pasal 14 ter hasil revisi
stocholm 1967. Ketentuan Droid de suite ini
menurut pertunjukan dari WIPO yang tercantum dalam buku guide to the Berne convention, merupakan hak tambahan. Hak ini
bersifat kebendanaan.
- Hak pinjam masyarakat
Hak ini dimiki oleh
pencipta yang karyanya tercipta yang karyanya tersimpan di perpustakaan yaitu
dia berhak atas suatu pembayaran dari piha tertentu karena karya yang
diciptakannya sering dipinjam oleh masyarakat dari perpustakaan milik
pemerintah tersebut.
HAK TERKAIT
Hak terkait diatur dalam
ketentuan undang-undang nomor 19 tahun 2002, dimaksud adalah pengertian dari
hak-hak yang berkaitan dengan hak cipta
atau dikenal dengan (neighboring right)
hak terkait, diatur dalam konvensial Roma (Rome
convention for the protection of performers, producers of phonogram and
broadcasting organization atau konvensi Roma tentang perlindungan dari
pelaku pertunjukan, produser phonogram atau organisasi penyiaran) tahun 1961.
Perlindungan hak terkait
diberlakukan terhadap pelaku pertujukan, produser dan organisasi/lembaga
penyiaran. Pengaturan ini diadopsi dari konvensi Roma dengan memberikan
definisi antara lain:
- Performers adalah aktor, penyanyi, musisi, penari dan orang lain yang beraksi, menyanyi mempertunjukkan karya sastra atau artistik;
- Phonogram adalah fiksasi oral suara dari pertunjukan;
- Phonogram producer adalah orang-orang yang atau badan hukum yang pertama-tama membuat suara dari pertunjukan atau suara lainnya;
- Publikasi berarti menyerahkan copy-copy dari phonogram kepada publik dalam jumlah yang layak;
- Reproduksi berarti pembuatan dari copy-copy dari fiksasi;
- Broadcasting berarti transmisi dengan wirless untuk penerimaan publik atas suara atau latar suara;
- Re-Broadcasting yang berarti penyiaran yang simultan oleh suatu organisasi penyiaran dan penyiaran dari organisasi penyiaran lainnya.
Pasal 10, yaitu yang
menyatakan bahwa “prosedur dari phonogram
akan menikmati hak untuk menguasakan atau melarang reproduksi langsung atau
tidak langsung dari phonogram mereka ”.
Pasal 13, dari konvensi Roma
1961, yang menyatakan bahwa”organisasi penyiaran akan menikmati hak
untuk menguasakan atau melarang, yaitu:
- Penyiaran ulang dari siarannya;
- Fiksasi dari penyiaran;
- Reproduksi: reproduksi dari fiksasi yang dilakukan tanpa persetujuan mereka dari penyiaran mereka; reproduksi dari fiksasi yang dibuat sehubungan dengan ketentuan-ketentuan pasal 15 dan siaran mereka jika reproduksi dibuat untuk maksud berbeda dari hal-hal yang telah ditentukan.
- Komunikasi kepada publik dari siaran televisi mereka apabila komunikasi tersebut dilakukan di tempat-tempat yang mempunyai akses terhadap pembayaran dari”fee atrance”, yang hal ini dapat diatur oleh hukum dalam negeri negara yang bersangkutan.
Mengenai pengaturan
ketentuan hak terkait dengan hak cipta adalah sebagai berikut:
- Pelaku memiliki hak ekslusif untuk memberi izin atau melarang pihak lain tanpa persetujuannya membuat, memperbanyak atau menyiarkan rekaman suara dan/atau gambar pertunjukannya.
- Pelaku adalah aktor, penyanyi, pemusik, penari atau mereka yang menampilkan, memperagakan, mempertunjukkan, menyanyikan, menyampaikan, mendeklarasikan, atau memainkan suatu karya musik, drama, tari, sastra, foklor, atau karya seni lainnya.
- Produser rekaman suara memiliki hak eksklusif untuk memberi izin atau melarang pihak lain yang tanpa persetujuannya memperbanyak/menyiarkan ulang karya rekaman suara atau rekaman bunyi.
- Produser rekaman adalah orang atau badan umum yang pertama kali merekam dan memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan perekaman suara atau perekaman bunyi, baik dari suatu pertunjukan maupun perekaman suara atau perekaman bunyi lainnya.
- Lembaga penyiaran memiliki hak ekslusif untuk memberi izin atau melarang pihak lain yang tanpa persetujuannya membuat, memperbanyak dan menyiarkan ulang karya siarannya melalui transmisi dengan atau tanpa kabel atau melalui kabel atau melalui sistem elektromagnetik
Seperti halnya dengan
hak-hak lain yang juga oleh undang-undang diatur perlindungannya, terhadap hak
terkait demikian juga memiliki batas waktu perlidungan. Adapun jangka waktu
perlindungan bagi hak terkait sebagai berikut:
- 50 (lima puluh) tahun untuk pelaku karya pertunjukan, sejak karya pertama kali dipertunjukkan atau dimasukkan ke dalam media audio visual;
- 50 (lima puluh) tahun untuk Produser Rekaman Suara, sejak karya tersebut direkam;
- 20 (dua puluh) tahun untuk Lembaga Penyiaran, sejak karya siaran tersebut pertama kali disiarkan.
Sebagai ketentuan
tambahan,sebagaimana juga ditentukan dalam hak cipta,dengan tidak mengurangi
perhitungan jangka waktu perlidungan hak terkait dimulai sejak tanggal 1
januari tahun berikutnya sejak karya tersebut :
- Karya pertunjukan selesai dipertunjukan atau dimasukkan ke dalam audio visual;
- Karya rekaman suara selesai direkam;
- Karya siaran selesai disiarkan untuk pertama kali.
Secara khusus terdapat
perlindungan hak terkait ini, undang-undang hak cipta memberikan penambahan
ketentuan baru, yaitu ancaman pidana bagai pelanggaran hak terkait, sebagaimana
telah ditentukan dalam pasal 72 ayat (2), yaitu “ancaman pidana
dikenakan kepada barangsiapa dengan sengaja menyiarkan,memamerkan,mengedarkan,
atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelanggaran hak
terkait, dengan pidana penjara selama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak
Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah). ”
0 comments:
Post a Comment