Friday, July 7, 2017

KEPRIBADIAN DAN PERILAKU KONSUMEN

Bitcoin Donation = 1PkxssLm6wJ96iXi1VPxMZSXUQZiQqCYvq

Kepribadian adalah karakteristik psikologis seorang yang menentukan dan merefleksikan bagaimana seseorang merespon lingkungannya (Shiffman & Kanuk, 2000).

Berdasarkan definisi ini maka nampak bahwa yang ditekankan adalah karakter-karakter internal termasuk didalamnya berbagai atribut, sifat, tindakan yang membedahkan dengan orang lain.
Terdapat 3 Teori kepribadian yaitu:

1. Teori Psikoanalisis
Teori ini dikembangkan oleh Sigmund Freud atau sering kali disebut Teori Freud. Menurut Freud kepribadian individu merupakan hasil interaksi dinamis dari suatu sistem yang terdiri dari tiga sub sistem, yaitu id, superego dan ego.

  • Id adalah bagian dari kepribadian yang berisi dorongan-dorongan promitif dan implus-implus kebutuhan fisiologis seperti haus, lapar dimana individu ingin mencari kepuasaan segera tanpa melakukan pertimbangan terlebih dahulu. Id bekerja sesuai dengan prisip kesenangan tanpa mempertimbangkan dan memperdulikan kenyataan.
  • Superego dipandang sebagai bagian dari kepribadian yang berisi nilai-nilai moral sosial dan kode etik yang diyakini individu. Ajaran, norma-norma, hukum yang diperoleh dan diinternalisasi akan dijadikan pedoman bagi individu. Superego disebut juga sebagai hati nurani atau suara hati yang menyuarakan nilai-nilai dan moral. Superego ini dibentuk selama masa kanak-kanak (mulai usia 5-6 tahun) melalui proses internalisasi.
  • Ego adalah bagian dari kepribadian yang berfungsi sebagai monitor internal yang memberikan pertimbangan secara rasional konflik antara id dan super ego. Freud memandang ego sebagai bagian dari pemikiran yang lebih berdasarkan pada prinsip realitas yang menggerakkan individu untuk bersikap praktis dan berfungsi efisien dalam hidup.

2. Teori Jungian
Menurut Carl Jung, kepribadian konsumen dapat diketahui dari bagaimana individu merasakan dan bertindak dalam situasi–situasi tertentu secara konsisten. Teori kepribadian Jung memberikan kontribusi penting dalam pemahaman perilaku konsumen, terlebih lagi setelah dikembangkan alat ukur indikator Tipe Myers Briggs yang dapat digunakan untuk mengukur dimensi-dimensi kepribadian.

3. Teori Sifat
Sesuatu yang membedakan, relatif bertahan yang ada pada diri individu dan dapat membedakan antara individu satu dengan individu lain. Dalam kaitannya dengan pemahaman terhadap perilaku konsumen, beberapa sifat khusus dari kepribadian yang perlu dipahami oleh pemasar adalah sebagai berikut:
  • Keinovasian konsumen
Sifat-sifat kepribadian yang berguna untuk membedakan antara inovator konsumen dan bukan inovator meliputi sifat konsumen yang berupa keinovatifan, dogmatisme, karakter sosial, tingkat stimulasi potimum, dan sifat mencari
  • variasi kesenangan baru.
Moris et al menjelaskan bahwa kepribadian konsumen dapat ditinjau dari aspek kognitifnya. Berdasarkan aspek kognitif ini konsumen dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu ada yang cenderung menyukai hal-hal yang bersifat visual daripada verbal dan ada yang cenderung memiliki kebutuhan kognisi (need for cognition).
Perilaku konsumen yaitu tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk dan jasa mereka.
Menurut para ahli:
  • Engel, Backwell dan Miniard (1995:4)
Pemahaman terhadap perilaku konsumen mencakup pemahaman terhadap tindakan yang langsung yang dilakukan konsumen dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan tersebut
  • Hawkins, Best, dan Coney (2007:6)
Perilaku konsumen merupakan study tentang bagaimana individu, kelompok, organisasi dan proses yang dilakukan untuk memilih, mengamankan, menggunakan dan menghentikan produk, jasa, pengalaman atau ide untuk memuaskan kebutuhannya dan dampaknya terhadap konsumen dan masyarakat.
  • Schiffman dan Kanuk (2007)
Bahwa perilaku konsumen merupakan studi yang mengkaji bagaimana individu membuat keputusan membelanjakan sumberdaya yang tersedia dan dimiliki (waktu, uang, dan usaha) untuk mendapatkan barang atau jasa yang nantinya akan dikonsumsi.
  • Loudon dan Bitta (1995)
Perilaku konsumen mencakup proses pengambilan keputusan dan kegiatan yang dilakukan konsumen secara fisik dalam pengevaluasian, perolehan penggunaan atau mendapatkan barang dan jasa.

Manfaat lain dari mempelajari perilaku konsumen bagi perusahaan adalah memungkinkan perusahaan memahami dengan tepat kebutuhan dan keinginan pelanggannya sehingga dapat membantunya untuk memuaskan pelanggan, menerapkan konsep pemasaran dan memperluas legitimasi ke masyarakat (Sheth & Mittal,2004).

Kepribadian Merk
Dalam Teori Freud pernah memperkenalkan gagasan kepribadian produk, para konsumen juga mendukung gagasan kepribadian merk, dimana mereka menghubungkan berbagai sifat atau karakteristik mirip kepribadian, pada berbagai merk di berbagai macam golongan produk. Beberapa bentuk dari kepribadian merk, yaitu personifikasi merk, keperibadian produk dan gender, serta kepribadian dan warna.

Tiga faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu:
  • Pengaruh lingkungan 
Terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut diatas.
  • Perbedaan dan pengaruh individu 
Terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Perbedaan individu merupkan faktor internal (interpersonal) yang menggerakkan serta mempengaruhi perilaku. Kelima faktor tersebut akan memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam proses keputusannya.
  • Proses psikologis Terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran,
perubahan sikap dan perilaku. Ketiga faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai faktor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam penambilan keputusan pembelian.

Bitcoin Donation = 1PkxssLm6wJ96iXi1VPxMZSXUQZiQqCYvq

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More