Bitcoin Donation = 1PkxssLm6wJ96iXi1VPxMZSXUQZiQqCYvq
Kepribadian adalah karakteristik psikologis seorang yang menentukan dan merefleksikan bagaimana seseorang merespon lingkungannya (Shiffman & Kanuk, 2000).
Kepribadian adalah karakteristik psikologis seorang yang menentukan dan merefleksikan bagaimana seseorang merespon lingkungannya (Shiffman & Kanuk, 2000).
Berdasarkan
definisi ini maka nampak bahwa yang ditekankan adalah karakter-karakter
internal termasuk didalamnya berbagai atribut, sifat, tindakan yang membedahkan
dengan orang lain.
Terdapat
3 Teori kepribadian yaitu:
Teori
ini dikembangkan oleh Sigmund Freud atau sering kali disebut Teori Freud. Menurut
Freud kepribadian individu merupakan hasil interaksi dinamis dari suatu sistem
yang terdiri dari tiga sub sistem, yaitu id, superego dan ego.
- Id adalah bagian dari kepribadian yang berisi dorongan-dorongan promitif dan implus-implus kebutuhan fisiologis seperti haus, lapar dimana individu ingin mencari kepuasaan segera tanpa melakukan pertimbangan terlebih dahulu. Id bekerja sesuai dengan prisip kesenangan tanpa mempertimbangkan dan memperdulikan kenyataan.
- Superego dipandang sebagai bagian dari kepribadian yang berisi nilai-nilai moral sosial dan kode etik yang diyakini individu. Ajaran, norma-norma, hukum yang diperoleh dan diinternalisasi akan dijadikan pedoman bagi individu. Superego disebut juga sebagai hati nurani atau suara hati yang menyuarakan nilai-nilai dan moral. Superego ini dibentuk selama masa kanak-kanak (mulai usia 5-6 tahun) melalui proses internalisasi.
- Ego adalah bagian dari kepribadian yang berfungsi sebagai monitor internal yang memberikan pertimbangan secara rasional konflik antara id dan super ego. Freud memandang ego sebagai bagian dari pemikiran yang lebih berdasarkan pada prinsip realitas yang menggerakkan individu untuk bersikap praktis dan berfungsi efisien dalam hidup.
2. Teori
Jungian
Menurut
Carl Jung, kepribadian konsumen dapat diketahui dari bagaimana individu
merasakan dan bertindak dalam situasi–situasi tertentu secara konsisten. Teori
kepribadian Jung memberikan kontribusi penting dalam pemahaman perilaku
konsumen, terlebih lagi setelah dikembangkan alat ukur indikator Tipe Myers
Briggs yang dapat digunakan untuk mengukur dimensi-dimensi kepribadian.
3. Teori Sifat
Sesuatu
yang membedakan, relatif bertahan yang ada pada diri individu dan dapat
membedakan antara individu satu dengan individu lain. Dalam kaitannya dengan
pemahaman terhadap perilaku konsumen, beberapa sifat khusus dari kepribadian
yang perlu dipahami oleh pemasar adalah sebagai berikut:
- Keinovasian konsumen
- variasi kesenangan baru.
Perilaku konsumen yaitu tingkah laku dari konsumen, dimana
mereka dapat mengilustrasikan untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan
memperbaiki suatu produk dan jasa mereka.
Menurut
para ahli:
- Engel, Backwell dan Miniard (1995:4)
- Hawkins, Best, dan Coney (2007:6)
- Schiffman dan Kanuk (2007)
- Loudon dan Bitta (1995)
Manfaat lain dari mempelajari perilaku konsumen bagi perusahaan adalah memungkinkan perusahaan memahami dengan tepat kebutuhan dan keinginan pelanggannya sehingga dapat membantunya untuk memuaskan pelanggan, menerapkan konsep pemasaran dan memperluas legitimasi ke masyarakat (Sheth & Mittal,2004).
Kepribadian Merk
Dalam Teori Freud pernah memperkenalkan gagasan kepribadian
produk, para konsumen juga mendukung gagasan kepribadian merk, dimana mereka
menghubungkan berbagai sifat atau karakteristik mirip kepribadian, pada
berbagai merk di berbagai macam golongan produk. Beberapa bentuk dari
kepribadian merk, yaitu personifikasi merk, keperibadian produk dan gender,
serta kepribadian dan warna.
Tiga faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu:
- Pengaruh lingkungan
- Perbedaan dan pengaruh individu
- Proses psikologis Terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran,
Bitcoin Donation = 1PkxssLm6wJ96iXi1VPxMZSXUQZiQqCYvq
0 comments:
Post a Comment